| | |

Studium Generale Fakultas Farmasi UBP Karawang Bahas Pemanfaatan Bahan Alam dalam Perkembangan Dunia Farmasi

Departemen Farmakokimia Fakultas Farmasi Universitas Buana Perjuangan Karawang menggelar studium generale yang bertajuk The Role of Natural Product in Drugs Discovery.

Dekan Fakultas Farmasi, apt. Neni Sri Gunarti, M.Si dalam sambutannya mengatakan studium generale yang diikuti oleh ratusan mahasiswa farmasi angkatan 2022 dan 2023 ini memfokuskan bahasan pada potensi bahan alam untuk pencarian obat baru.

“Kuliah umum departemen farmakokimia merupakan agenda tahunan yang diadakan tiap departemen di fakultas farmasi, kuliah umum ini menjelaskan mengenai beberapa pencarian atau penemuan obat baru dari berbagai aspek kimia,” jelas dia.

Selama kegiatan studium general berlangsung, tampak ratusan mahasiswa tersebut dengan antusias mendengarkan pemaparan materi dari Dr. Elvira Hermawati, M.Si, Ade Danova, Ph.D, dan Amelinda Pratiwi M.Si.

Elvira, dalam kesempatannya menyampaikan sajian materi yang berkaitan dengan bahan alam, senyawa aktif, isolasi dan analisis struktur.

Sementara, Ade Danova, mengenai transformasi senyawa bahan alam dan hubungan aktivitas.

“Farmakofor adalah rangkaian fitur sterik dan elektronik yang diperlukan untuk memastikan interaksi supra-molekul yang optimal dengan struktur target biologis tertentu untuk memicu respons biologisnya,” paparnya.

Mereka semua merupakan akademisi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di Institut Teknologi Bandung.

Sedangkan akademisi biokimia dari Universitas Pendidikan Indonesia, Amelinda Pratiwi, cenderung memfokuskan bahasan pada peran bimia bahan alam dalam keamanan pangan.

“Keamanan pangan itu penting karena sumber tubuh kita dari makanan. Prevalensi stunting paling tertinggi dengan faktor gizi buruk berasal dari makanan. Komponen dalam makanan yang nutrisinya kurang maupun mikronutrisi. Stunting merupakan penyakit atau pun banyak yg diderita khususnya Karawang,” jelasnya.

“Dalam konteks ini, dengan belajar mensintesis obat, mahasiswa fakultas farmasi juga bisa turut serta membantu pemerintah dalam menekan angka stunting, khususnya di Karawang,” timpal Amelinda.

Untuk itu, studium generale ini diharapkan dapat memicu wawasan mahasiswa agar dapat menggali lebih dalam lagi potensinya sebagai insan akademis dan memotivasi mahasiswa dalam setiap proses pembelajaran harus dapat memberikan dampak yang baik untuk masyarakat dan perkembangan obat baru untuk kemajuan industri farmasi.

Sumber : Studium Generale Fakultas Farmasi UBP Karawang Bahas Pemanfaatan Bahan Alam dalam Perkembangan Dunia Farmasi – Headline Jabar

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.