VISI, MISI DAN TUJUAN

Fakultas Farmasi

Visi Fakultas Farmasi

“Mewujudkan Fakultas Farmasi Universitas Buana Perjuangan Karawang yang Berwawasan Kebangsaan dan Bereputasi Internasional”

Misi Fakultas Farmasi

  1. Melaksanakan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia farmasi yang berwawasan kebangsaan. 
  2. Mengembangkan ekosistem pendidikan, pengajaran dan penelitian bidang kefarmasian untuk menghasilkan karya nyata yang berkontribusi kepada masyarakat. 
  3. Melakukan adaptasi dan inovasi bidang kefarmasian dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi. 
  4. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai institusi nasional dan internasional. 
  5. Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan farmasi yang relevan dan mutakhir.

Tujuan Fakultas Farmasi

  1. Tercapainya kualifikasi dan kompetensi sivitas akademika serta tenaga kependidikan dalam lingkungan fakultas farmasi yang memiliki nilai-nilai kejuangan, jati diri bangsa yang sesuai dengan Pancasila dan jiwa/ruh pembukaan UUD 1945. 
  2. Terwujudnya lulusan fakultas farmasi yang memiliki akhlak terpuji, kemampuan dan kompetensi yang berdaya saing internasional serta tercapainya karya nyata hasil riset dan inovasi yang dapat diterapkan di masyarakat. 
  3. Terwujudnya sivitas akademika dan tenaga kependidikan yang mampu menguasai dan mengembangkan teknologi informasi yang mutakhir 
  4. Terwujudnya jejaring dan kemitraan strategis dengan berbagai institusi (perguruan tinggi, pemerintah, dunia usaha dan dunia Industri) baik dalam maupun luar negeri. 
  5. Tersedianya sarana dan prasarana yang relevan dan mutakhir untuk mendukung pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Tata Nilai

Fakultas Farmasi UBP Karawang memiliki tata nilai yang disingkat ”ACTION” dengan penjabaran sebagai berikut :

1. Almighty (Taqwa)
    Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

2. Care (Peduli)
    Memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.

3. Ability (Mampu)
    Memiliki kemampuan bekerja sama dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya

4. Inovative and Global Vision (Inovatif dan berwawasan Global)
    Memiliki jiwa inovatif dan kreatif dalam pemanfaatan sumber daya alam berbasis kearifan Lokal dan Berwawasan Global 

Program Studi Farmasi

Visi Program Studi Farmasi

“Menjadi penyelenggara program studi sarjana farmasi berwawasan kebangsaan yang unggul dalam pengembangan sediaan bahan alam dan pharmapreneurship tingkat internasional tahun 2048”

Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan pendidikan farmasi sesuai standar kompetensi di bidang kefarmasian berwawasan kebangsaan yang unggul dalam pengembangan sediaan bahan alam dan pharmapreneurship tingkat internasional tahun 2048;
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang farmasi yang inovatif berbasis kearifan lokal yang diakui di tingkat nasional dan internacional;
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang terintegrasi dengan penelitian dan pendidikan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat;

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan sarjana farmasi yang kompeten di bidang kefarmasian dan unggul dalam pengembangan sediaan bahan alam dan pharmapreneurship di tingkat Internasional tahun 2048; 
  2. Menghasilkan karya penelitian di bidang farmasi yang inovatif berbasis kearifan lokal yang diakui di tingkat nasional dan internasional; 
  3. Menghasilkan karya pengabdian masyarakat yang terintegrasi dengan penelitian dan pendidikan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat; 

Profil Lulusan

  • Care Giver : Lulusan farmasi mampu memberikan pelayanan farmasi dalam penyiapan sediaan farmasi yang aman, efektif, stabil, dan bermutu, mengidentifikasi masalah terkait obat, dan memberikan informasi secara profesional tentang solusi alternatif untuk mengoptimalkan terapi, serta menerapkan ilmu dan teknologi farmasi dalam pengembangan sediaan farmasi yang aman, efektif, stabil, dan bermutu.
  • Useful Entrepreneur ; Lulusan memiliki kemampuan untuk menilai dan memanfaatkan peluang untuk meningkatkan lapangan kerja farmasi, penemuan, dan penggunaan sumber daya alam sebagai produk farmasi untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.
  • Researcher ; Lulusan memiliki kemampuan untuk menerapkan ide teoritis dari berbagai bidang ilmu kefarmasian dalam melakukan penelitian di bidang kefarmasian.
  • Communicator : Sebagai bagian dari upaya mereka untuk meningkatkan terapi pasien, lulusan memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dan membangun hubungan interpersonal dengan berbagai pihak.
  • Unlimited Learner : Lulusan memiliki kemampuan untuk secara berkelanjutan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan diri di bidang kefarmasian.
  • Manager, Leader and Decision Maker : Lulusan memiliki kemampuan untuk menerapkan prinsip-prinsip manajemen dalam menjalankan pekerjaan
    kefarmasian dan kewirausahaan. Mereka juga dapat mengatur tim atau kelompok yang ditugaskannya terkait pekerjaan kefarmasian dan dapat membuat keputusan.
  • Academician : Lulusan memiliki kemampuan untuk mencari dan/atau menelusur kembali, menganalisis, mengevaluasi, mensintesis, dan menyebarkan secara inovatif informasi terkait obat dan sediaan farmasi berbasis bukti ilmiah, serta menyediakan, menyebarkan secara profesional informasi terkait obat dan sediaan farmasi berbasis bukti ilmiah untuk mempromosikan dan preventif kesehatan masyarakat.