|

AIPHE INTERNATIONAL SUMMER SCHOOL 2021 (Hari Ke-4, 21 Januari 2021)

Salam hangat dan salam sejahtera mahasiswa farmasi di seluruh dunia ..

Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi Indonesia (AIPHE)  Korwil II memasuki hari ke empat acara international summer school yaitu pada tanggal 21 januari 2021 Aacara tersebut di support oleh beberapa perguruan tinggi seperti  terdiri Universitas Indonesia, Universitas Pdjajaran, Universitas Buana Perjuangan Karawang , Universitas Esa Unggul, Universitas Pancasila, Universiatas 17 Agustus 1945 Jakarta, Institut Teknologi Bandung , Universitas Jendral Ahmad Yani, Universitas Pakuan, Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah Tanggerang, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia, STIKes Bakti Tunas Husada Tasikamalaya.

Acara international summer school ini diikuti langsung oleh perguruan tinggi farmasi di dunia dan sekarang sudah masuk acara dihari ke empat ini di bimbing langsung oleh 3 perguruan tinggi di Indonesia sebagai tuan rumah international summer school yaitu dari Universitas Jendral Ahmad Yani, Universitas Buana Perjuangan Karawang beserta UIN Jakarta dimulai dari pukul 09:00 WIB – 14:30 WIB.

Acara dilaksanakan melalui virtual zoom meeting dan disiarkan langsung oleh salah satu akun chanel youtube Fikes UIN Jakarta dimulai dari pukul 8:40 WIB – selesai dengan jumlah partisipan yang berada didalam aplikasi zoom meeting mencapai 500 partisipan dari berbagai perguruan tinggi di dunia, serta yang bergabung secara langsung melalui akun chanel youtube UIN Jakarta mencapai 342 partisipan .

Dibimbing langsung oleh MC Dinda Febriana dan Nuri Nuraziza,  serta selaku commite yaitu Zidny Robi dan Rizqi Nathisari, dengan pembawaan moderator yaitu Dr. apt, Soraya Riyanti, S.Si., M.Si. Dilanjutkan dengan pemateri pertama yang dibawakan oleh ibu apt. Suci Nar Vikasari, S.Si., M.Si. dengan judul materi “ Stachytarpheta jamaicencis: Traditional herbal medicine as complement for autoimmune therapy’’ dengan pembawaan dilakukan dengan siaran langsung melalui zoom meeting dari Universita Jendral Ahmad Yani Cimahi dengan pembawaan yang sangat jelas dan mudah di pahami mulai dari beberapa metode dijelaskan didalamnya bahkan ibu apt. Suci Nar Vikasari, S.Si. M.Si. menjawab banyak pertanyaan dari mahasiswa dengan sangat informative dan mudah dipahami oleh para partisipan.

Acara selanjutnya yaitu dibawakan langsung oleh perguruan tinggi dari Universitas Buana Perjuangan Karawang dengan menampilkan “Virtual visit Kampung Djamoe Organik Martha Tilaar” yang didalam videonya dibawakan langsung oleh dekan fakultas farmasi Universitas Buana Perjuangan Karawang yaitu ibu apt. Neni Sri Gunarti, M.Si bersama team Universitas Buana Perjuangan Karawang yang didalamnya banyak sekali edukasi-edukasi tentang tanaman herbal yang banyak digunakan untuk meningkatkan imunitas tubuh di era pandemi saat ini. Seperti yang ditampilkan  berupa  jahe, kunyit serta meniran dan salah satu produk yang ditampilkan untuk meningkatan imunitas tubuh yaitu produk “Imunku”. Video ini sangat bermanfaat bagi kita semua yang melihat selain bermanfaat virtual visit Kampung Djamoe Organik Martha Tilaar sangat menarik dalam isi maupun konten video tersebut.

Acara selanjutnya dibawakan langsung oleh UIN Jakarta dengan moderator Opa beta dengan pemateri ketiga pada international summer school yaitu bapak apt. Hendri Aldrat, M.Si. dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidatayullah Jakarta dengan judul yang dibawakan “Indonesian Herbal Medicines for Minor Ailments “ dengan penyamapain yang sangat simpel , mudah dipahami, dan tanaman herbal yang disampaikan pun mudah di dapatkan adalah bentuk salah satu nilai lebih untuk partisipan memahami materi tersebut . Seperti judul yang dibawakan oleh beliau” Obat Herbal Indonesia untuk Penyakit Ringan” apt. Hendri Aldrat, M.Si menjelaskan seperti bedak yang terbuat dari beras untuk jerawat , lalu ada tanamana herbal untuk diare berupa tanamana jambu biji, kayu putih dan masih banyak yang lainnya, yang sifatnya sangat edukasi bagi kehidupan sehari-hari.

Selain itu diacara ini menyajikan post test sebagai bentuk edukasi kepada semua partisipan dan sebagai salah satu syarat mendaptkan E-Sertifikat 2021 AIPHE International Summer School dan acara pun selesai pada pukul 14.30 yang ditutup langsung oleh MC Dinda Febriana dan Nuri Nurazizah serta moderator dan pemateri yang pamit untuk menutup acara international summer school dihari ke empat ini.

Selamat melakukan aktivitas kembali dan selamat bergabung di hari selanjutnya, semoga ilmu yang diberikan dia acara international summer school 2021 hari ke empat  ini bermanfaat bagi kita semua.

Terimakasih…..

Similar Posts

2 Comments

  1. UBP mendapatkan jadwal di tanggal 21 Januari 2020 sebagai tuan rumah diacara AIPHE International Summer School , terimakasih atas virtual visit Kampung Djamoe Organik Martha Tilaar. SANGAT MENGEDUKASI Terimakasih banyak Fakultas Farmasi UBP Karawang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *