|

AIPHE INTERNATIONAL SUMMER SCHOOL 2021 (Hari Ke-2, 19 Januari 2021)

Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi Indonesia (AIPHE) Korwil II memasuki hari kedua acara international summer school yaitu pada tanggal 19 januari 2021 yang di bimbing langsung oleh 3 perguran tinggi di Indonesia diantaranya ada Universitas 17 Agustus 1945, Universitas Esa Uggul dan Universitas Pancasila, acara international summer school ini dimulai pada pukul 09:00 WIB – 14:12 WIB melalui Virtual zoom meeting dengan jumlah partisipan mencapai 736 beserta disiarkan langsung disalah satu akun chanel youtube UTA’ 45 Jakarta dengan penonton mencapai 550 partisipan.

Acara ini dibimbing langsung MC Lilis Sumiati dari Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta dan commite Feny Enggar Nariti serta moderator Riong Seuling dari Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama dari Bapak Dayar Abrain dari Fakultas Farmasi Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta dengan judul materi yang dibawakan” Herbal Medicine For Tropical Neglected Diseases’’ yang didalamnya banyak menjelaskan tumbuhan- tumbuhan herbal seperti Piper battle, Cinnamomun burmanii Blume, Trihomanes chinennse L. dan masih banyak yang lainnya yang bersifat sangat bermanfaat bagi kita semua khusus mahasiswa farmasi di dunia.

 

Acara selanjutnya dimulai pukul 12:40 WIB yang dimulai oleh perguruan tinggi yaitu Universitas Pancasila dengan MC yang sama yaitu Lilis Sumiati dan diikuti oleh moderator yaitu Moordiani dengan pembawaan materi yang kedua yang dibawakan oleh Dr. apt, Yati Sumiati, M.Kes dengan judul ” Herbal Medicine For Covid-19 Comorbid_ focus on anti-diabetic mechanism of action” dari Universitas Pancasila dengan cara penyampaian yang bagus dan menarik. Selain itu Dr. apt, Yati Sumiati, M.Kes memberitahu beberapa tanaman obat herbal yang dapat meningkatkan imunitas tetapi berada disekitar kita diantaranya : Zingiber officinate, Curcuma dosmetika, Curcuma xanthoriza, Centella asiatica, Moringgo Olifera, dan allium sativum.

Karena dengan pembawaan yang sangat informatif dan menarik bagi mahasiswa farmasi di dunia maka timbul banyak pertanyaan dari para partisipan mulai dari yang bertanya melalui room zoom meeting dan chat akun youtube itu bentuk salah satu antusias peserta dalam berperan aktif diacara Internatioanal Summer School tahun 2021.

Selain itu diacara ini menyajikan Post test sebegai bentuk edukasi kepada semua partisipan dan sebagai salah satu syarat mendaptkan E-Sertifikat 2021 AIPHE International Summer School yang di support dari berbagai Perguruan Tinggi Farmasi di dunia diantaranya :

Universitas Indonesia, Universitas Pdjajaran, Universitas Buana Perjuangan Karawang , Universitas Esa Unggul, Universitas Pancasila, Universiatas 17 Agustus 45 Jakarta, Institut Teknologi Bandung , Universitas Jendral Ahmad Yani, Universitas Pakuan, Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah Tanggerang, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia, STIKes Bakti Tunas Husada Tasikamalaya.

Acara selesai dan ditutup oleh MC yaitu Lilis Sumiati dengan sangat gembira beserta partisipan yang sangat semangat mengikuti acara international summer school 2021 ini semoga bermanfaat dan jangan lupa sampai bertemu di hari yang akan datang.

Terima kasih dan salam hangat mahasiswa farmasi yang berada di seluruh dunia.

Similar Posts

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *