| | |

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DENGAN TEMA “Pharmapreneurship Pemanfaatan Bahan Alam Tahap 1”

Pada hari Senin, 18 Desember 2023, Fakultas Farmasi, Universitas Buana Perjuangan Karawang mengadakan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat Semester Ganjil tahun Ajaran 2023/2024 dengan tema Pharmapreneurship Pemanfaatan Bahan Alam Tahap 1”. Kegiatan ini dilaksanakan di Universitas Buana Perjuangan Karawang yang beralamat di Jl. HS. Ronggo Waluyo, Puseurjaya, Telukjambe Timur, Karawang, Jawa Barat, di Gedung D, Fakultas Farmasi, Lantai 1 dan Laboratorium Fakultas Farmasi. Kegiatan ini diikuti oleh siswa SMA Negeri 2 Karawang dan SMK Wirasaba Karawang dan 15 dosen prodi Farmasi, UBP Karawang.

Kegiatan pengabdian ini disambut antusias oleh seluruh peserta. Kegiatan dilaksanakan mulai dari pukul 13.00 – 17.00 WIB dilaksanakan dalam 2 sesi. Sesi pertama adalah pemberian materi dan sesi kedua adalah tur keliling seluruh laboratorium Fakultas Farmasi, UBP Karawang.  Kegiatan sesi pertama adalah pemberian materi yang diberikan oleh dosen -dosen fakultas Farmasi, UBP Karawang. Sesuai dengan tema kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan berbagai manfaat bahan alam yang sering dijumpai di sekitar kehidupan sehari- hari yang  dapat digunakan untuk Kesehatan bahkan untuk terapi Kesehatan dan juga pengenalan Pharmapreneurship kepada siswa dan siswi SMA 2 Negeri Karawang dan SMK Wirasaba Karawang.

Sesi kedua adalah mengadakan tur keliling Laboratorium yang bertujuan untuk mengenalkan Laboratorium Fakultas Farmasi, Universitas Buana Perjuangan Karawang. Prodi Farmasi UBP Karawang memiliki empat departemen yaitu Departemen Farmakokimia, Departemen Farmakologi dan Farmasi Klinis Komunitas, Departemen Teknologi Farmasi dan Departemen Biologi farmasi.  Semua peserta ke masuk semua laboratorium tiap departemen, pengenalan alat- alat yang digunakan di laboratorium tersebut. Tujuan diadakan tur ke semua laboratorium adalah untuk memperkenalkan kepada siswa pembelajaran farmasi terutama terkait dengan bahan alam yang bisa dibuat inovasi suatu produk baik produk kosmetik maupun produk jamu. Dikenalkan juga tahapan- tahapan pengujian yang dilakukan.

Kegiatan pengabdian Masyarakat berakhir dengan sangat lancar dan antusias siswa dan siswi yang semangat sampai acar selesai. Adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu siswa dan siswi dalam memperluas wawasan tentang entrepreneurship, mengenal dan mengetahui manfaat bahan alam.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *