| | |

Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Farmasi UBP Karawang di SMK Wirasaba Karawang

Sebagai salah satu bagian dari Tri dharma perguruan tinggi, Fakultas Farmasi Universitas Buana Perjuangan Karawang yang bekerja sama dengan SMK Wirasaba Karawang melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat. Pelaksanaan Pengabdian ini dengan mengadakan workshop kepada siswa SMK Wirasaba program studi Farmasi Klinis dan Komunitas, Farmasi Industri dan Kimia Industri yang bertujuan agar siswa SMK Wirasaba mempunyai pengetahuan tentang pembuatan produk kosmetika yaitu sabun yang berbahan alam dan dapat membuat produk yang dapat dijual kepada masyarakat.

Workshop dilaksanakan pada hari jumat tanggal 27 Mei 2022 di SMK Wirasaba Karawang yang mengambil tema Workshop pengembangan kewirausahaan Siswa berbasis Teknologi Farmasi Bahan Alam. Workshop rencananya dilaksanakan secara bertahap sampai siswa dapat membuat produk dan dapat menjualnya.

Workshop dibuka oleh kepala sekolah SMK Wirasaba Bapak Rahmat Hidayat,SE,S.HI,M.Pd, kemudian diikuti pemberian materi oleh dosen-dosen Farmasi UBP karawang, materi pertama dari Apt. Sudrajat Sugiharta, M.Farm. dengan materi Pengembangan Formulasi Sabun Berbahan Baku Alami Bunga Telang, dilanjut oleh apt. Farhamzah, M.T.I., dengan materi Potensi Bunga Telang Sebagai Sabun Cair Berbahan Baku Alam, apt. Nia Yuniarsih, M.Farm. dengan materi Potensi Bunga Telang Sebagai Handwash Berbahan Baku Alam dan terakhir materi dari Iin Lidia Putama Mursal, M.Si. dengan materi Edukasi Pemanfaatan Ekstrak Bunga Telang Pada Produk Sabun Eco-Friendly. Pada akhir sesi dilanjut dengan pembuatan sabun cair dengan ekstrak bunga telang.

Pada sesi pertama workshop ini siswa yang mengikuti sebanyak 75 siswa dan sangat antusias dari awal sampai akhir workshop, dan semoga dengan workshop ini akan tumbuh semangat untuk bisa membuat sabun yang berbahan dasar alam, dan akan lahir entrepreneur-entrepreneur muda dalam bidang usaha kefarmasian.

Sesi Kedua workshop akan dilaksanakan pada bulan November 2022, dalam tahap ini siswa akan langsung praktek membuat sabun sendiri dengan pendampingan dari bapak ibu dosen.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *