|

Tetap produktif di era pandemi, Fakultas Farmasi UBP Karawang Gelar Virtual Visit Kampoeng Djamoe Organik Martha Tilaar dalam International Summer School APTFI 2021 yang dihadiri Peserta dari Dalam dan Luar Negeri

Fakultas Farmasi UBP Karawang yang tergabung dalam Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi (APTFI) Indonesia turut berkontribusi dalam menggelar kegiatan International Summer School 2021 yang diselenggarakan APTFI bersama 10 kampus besar lainnya (Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Esa Unggul, Universitas Pancasila, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, Institut Teknologi Bandung , Universitas Jendral Ahmad Yani, Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah Tanggerang, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Kegiatan ini diselenggarakan selama 5 hari dari tanggal 18-22 Januari 2021. Fakultas Farmasi UBP Karawang berkontribusi mengadakan Virtual Visit Kampoeng Djamoe Organik (KADO) Martha Tilaar pada hari kamis tanggal 21 Januari 2021. Dalam kegiatan Virtual visit , dekan fakultas farmasi apt.Neni Sri Gunarti, M.Si, memandu peserta International Summer School 2021 untuk melihat keseruan Kampoeng Djamoe Organik Martha Tilaar seperti kebun herbal, klinik jamu, kedai sehat dan Martha Tilaar Training Center secara online. Selain itu peserta diajak untuk mengikuti proses alur pengembangan produk herbal peningkat imunitas dari Martha Tilaar yang mengandung kunyit, jahe, kayu manis , kencur dan meniran dari mulai pemanenan, pasca panen hingga produksi. Peserta sangat antusias dan menjadi tertarik untuk mengunjungi Kampoeng Djamoe Organik Martha Tilaar yang berada di daerah Cikarang secara langsung.

Pembukaan Virtual Visit

Pemaparan tentang Kampoeng Djamoe Organik

Pemanenan dan pengumpulan bahan baku obat herbal

Pemilahan bahan baku setelah dipanen (Pasca Panen)

Pencucian dan pemilahan bahan baku setelah dicuci

Pengeringan bahan baku

Pengolahan bahan baku dan Pengujian kualitas produk

Pelayanan Jamu di Klinik Jamu Martha Tilaar

Penutupan, diakhiri dengan penyerahan plakat

Selain virtual visit Kampoeng Djamoe Organik Martha Tilaar dari UBP Karawang, pada hari yang sama peserta juga mengikuti kuliah umum tentang Indonesian Herbal Medicine dari UNJANI dan UIN Syarif Hidayatulloh.

Kegiatan International Summer School 2021 ini diikuti oleh 3701 peserta yang terdiri dari 48 peserta yang berasal dari 6 perguruan tinggi luar negeri dan 3653 peserta dari 118 Perguruan Tinggi Farmasi di Indonesia. Kampus internasional yang mengikuti kegiatan ini berasal dari Afghanistan, Argeria, Cyprus, Iran, Iraq, Pakistan, Peru dan Malaysia. Kegiatan ini dilakukan secara online melalui aplikasi zoom meeting dan youtube live karena pelaksanaan dilaksanakan di era pandemi. Meskipun demikian acara berlangsung dengan sukses dan peserta sangat antusias mengikuti rangkaian acara dari awal sampai akhir. Acara dibuka oleh Universitas Indonesia pada tanggal 18 Januari 2021 dan ditutup oleh Institut Teknologi Bandung pada tanggal 22 Januari 2021.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *