| |

PENGABDIAN MASYARAKAT BERSAMA DOSEN FAKULTAS FARMASI UNIVERITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG

 

Sebagai implementasi dari Tri darma perguruan tinggi, Dosen Fakultas Farmasi universitas Buana Perjuangan Karawang melakukan pengabdian masyarakat dengan mengusung tema “Inovasi tanaman jamu menjadi minuman dan makanan kekinian”  dengan 3 narasumber yaitu  Dekan Fakultas Farmasi Universitas Buana Perjuangan Karawang  ibu Apt. Neni sri gunarti, M.Si , serta para dosen yaitu ibu Apt. Eko Sri wahyuningsih, M.Farm dan saya sendiri Lia fikayuniar, M.Si .

Mendengar kata jamu pasti banyak sekali persepsi masyarakat yang mengidentikannya sebagai minuman tradisional dengan rasa pahit, namun siapa sangka kini jamu dapat dinikmati dengan cita rasa berbeda yang lebih kekinian. salah satu contohnya adalah  pembuatan Es Cream dengan bahan baku utama temulawak sebagai peningkat nafsu makan, dan pembuatan jahe instan sebagai minuman penghangat tubuh yang di buat dalam sediaan serbuk yang bisa dapat langsung di seduh. seperti yang kita ketahui jahe dan temulawak mempunyai rasa yang agak kurang enak, akan tetapi dapat diolah dengan formulasi yang baik sehingga menghasilkan produk jamu yang kekinian tanpa meninggalkan unsur kesehatan.

Kami berharap mahasiswa mampu melakukan inovasi yang lebihkratif dalam pengolahan jamu ataupun bahan herbal lainnya.  walaupun acara ini dilaksanakan melalui daring tapi tidak mengurangi esensi yang ingin dicapai, semoga dengan terlaksananya acara pengabdian ini bisa menjadi solusi terhadap kurangnya minat mahasiswa dan masyarakat dalam mengkonsumsi minuman herbal. Ujarnya

Sumber: Lia fikayuniar, M.Si (Dosen Fakultas Farmasi)

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *