| |

Pengembangan Kolagen dari Limbah Sisik Ikan Bandeng mengantarkan Euis menjadi penerima pendanaan penelitian dari Indofood

Karawang, 13 September 2021 – Pemanfaatan limbah sisik ikan bandeng untuk menghasilkan kolagen telah membawa Euis Prihatini menjadi salah satu penerima pendanaan penelitian Program Indofood Riset Nugraha (IRN) 2021. Program IRN yang dirancang untuk pembinaan peneliti unggul telah dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswi tahun keempat prodi farmasi UBP Karawang ini.

Berawal dari keprihatinan banyaknya limbah produksi industri rumahan, “Saya melihat melimpahnya ketersediaan sumber daya dari hasil limbah industri rumahan makanan olahan bandeng wilayah hilir Kabupaten Karawang, daripada sisik ikan mengotori lingkungan lebih baik dimanfaatkan menjadi produk-produk yang bernilai jual tinggi,” ujar Euis.

 

apt. Sudrajat Sugiharta, M.Farm selaku pembimbing penelitian ini menambahkan bahwa penelitian ini menarik karena selain mengangkat kearifan lokal didaerah Karawang, namun sejalan dengan roadmap penelitian yang diusung oleh Fakultas Farmasi UBP Karawang dalam pengembangan zat aktif dan eksipien dari bahan alam.

 

Limbah pengolahan ikan bandeng dalam (bahasa latin: Chanos  chanos) berupa sisik dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan kolagen, kolagen yang dihasilkan sisik ikan bandeng berpotensi menjadi alternatif untuk menggantikan bahan baku kolagen dari mamalia dimana sumber utama kolagen jenis ini berasal dari tulang sapi, kerbau dan babi. Disamping harga kolagen dari mamalia yang mahal, kolagen dari hewan ini memiliki resiko dalam penyebaran penyakit menular Bovine Spongiform Encephalopathy (BSE), Transmissible Spongiform Encephalopathy (TSE) dan Foot and Mouth Disease (FMD).

 

Kedepannya hasil penelitian ini dapat memberikan alternatif baru kepada masyarakat dalam produksi kolagen selain menggunakan tulang sapi atau babi sebagai bahan baku pangan dan juga farmasi.

Similar Posts

One Comment

  1. Selamat ya …Semoga kelak menjadi motivasi buat adik adik angkatannya untuk terus belajar, berkarya dan berperan serta atas kemajuan kefarmasian di Indonesia dan Dunia, Selamat juga untuk UPB Karawang, atas bimbingan yang telah melahirkan generasi yang berkualitas… Semoga kelak akan terus dan terus serta lebih banyak lagi generasi generasi yg berkualitas… Aamiin….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *