Workshop Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI Merek) Bagi UMKM Karawang Kerja sama Fakultas Farmasi UBP Karawang dan Dinas Koperasi dan UKM Karawang

Apa sih fungsi merek, merek merupakan tanda pengenal untuk membedakan hasil produksi yang dihasilkan seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum dengan produksi orang lain atau badan hukum lainnya, alat promosi, sehingga mempromosikan hasil produksinya cukup dengan menyebut Mereknya, Jaminan atas mutu barangnya dan juga penunjuk asal barang/jasa dihasilkan.

Karena pentingnya fungsi merek Dinas Koperasi dan UKM Kab Karawang memandang perlu untuk memberikan pengetahuan mengenai merek dan bagaimana cara untuk mendaftarkan merek sebagai Hak Kekayaan Intelektual di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementrian Hukum dan HAM RI.

Untuk merealisaasikan acara tersebut Dinas Koperasi dan UKM Karawang menggandeng Fakultas Farmasi UBP Karawang dengan mengundang 50 UKM Karawang untuk ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Acara tersebut adalah Workshop Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Bagi UMKM Karawang. acara ini dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 10 Desember 2022 digedung Rektorat Universitas Buana Perjuangan karawang. Untuk kelancaran acara ini dibantu oleh dosen, BEM Farmasi dan Alumni Farmasi UBP Karawang.

Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua LPPM UBP bapak Afif Hakim, ST., MT, Kaprodi Farmasi Ibu Apt Anggun Hari Kusumawati, dan dibuka Resmi oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Karawang Bapak Drs. Ade Sudiana.

Acara dilanjutkan dengan penandatangan MOU antara Fakultas Farmasi dan Dinas Koperasi dan UKM Karawang. setelah acara penandatanganan dilanjutkan dengan acara utama yaitu workshop Fasilitasi dengan pemateri dari dosen farmasi UBP Karawang Bapak apt. Farhamzah, S.Si., M.T.I, dibantu oleh alumni Farmasi Naufal Muyasyar, S.Farm dan mahasiswa Farmasi UBP karawang.

Pada acara workshop ini para pengusaha UKM membawa peralatan laptop dan persyaratan administrasi sebagai pelengkap persyaratan pembuatan merek. Hasil dari workshop ini adalah para pengusaha UKM harus berhasil mendaftarkan mereknya di dirjen HKI. Untuk biaya pendaftaran merek tersebut dibiayai oleh dinas koperasi dan UKM karawang.

Acara ini sangat berguna sekali bagi UKM karena mereka bisa membuat account dan mendaftarkan mereknya sendiri sehingga dilain waktu mereka sudah bisa mendaftarkan mereknya sendiri apabila perusahaannya berkembang dan memiliki banyak merek.

Kelancaran acara ini juga berkat ketua panitia Salma dan mahasiswa farmasi. Semoga acara untuk pembinaan ini terus terlaksana dan kerja sama antara Fakultas Farmasi dan Dinas Koperasi UKM terus berlanjut untuk bisa terus berbuat untuk masyarakat khususnya masyarakat kota karawang.

Rencana kerja sama kedepana adalah memberikan konsultasi pendaftaran merek dan design merek gratis untuk para UKM dikarawang, yang bisa dilaksanakan secara online.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.