Dies Natalis ke-8 UBP Karawang: Dari Beralaskan Karpet hingga ‘Terbang’ ke Eropa

KARAWANG – Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang kini telah memasuki usia yang ke-8 tahun.

Sebagai lembaga pendidikan yang mengusung misi kampus bereputasi nasional, UBP Karawang terus berkomitmen melahirkan kualitas lulusan yang kaya prestasi.

Perayaan Dies Natalis ke-8 tahun UBP Karawang dirayakan di Gedung Rektorat, Ruang Auditorium UBP Karawang, Senin (17/10/2022). Pantauan di lokasi, perayaan Dies Natalis UBP Karawang dirayakan dengan konsep sederhana ala lesehan. Seluruh civitas akademika duduk sama rata di atas karpet merah. Tanpa meja dan kursi.

Rektor UBP Karawang, Prof. Dr H. Dedi Mulyadi.,SE.,MM menyebut, konsep lesehan itu bukan tanpa alasan. Sebab, UBP Karawang sejak pertama kali didirikan hanya bermodalkan ruang kosong dan karpet merah.

“Dalam setiap dies natalis kami selalu mengungkapkan sejarah. Ada sejarah yang tidak bisa dihilangkan, dulu ketika kami bekerja kami tidak punya meja dan kami itu lesehan dengan karpet merah yang kami pakai di acara tadi.”

“Jadi konsep lesehan itu ada historisnya, dan karpet merah menjadi saksi bagaimana awal mula UBP berdiri hingga seperti sekarang,” ungkap Dedi, Senin (17/10).

Dedi menjelaskan, di tahun 2022 ini UBP Karawang menerima 2.600 mahasiswa baru. Kemudian rencananya, UBP akan melebarkan sayap ke Eropa, yakni ke Jerman di tahun depan melalui program Double Degree dan magang.

Gagasan itu untuk menjawab tantangan para orangtua mahasiswa, di mana mereka menginginkan anaknya bisa belajar di luar negeri ketika kuliah di UBP Karawang.

Sejauh ini, kata dia, program luar negeri itu sudah menyasar sejumlah negara-negara Asia seperti Jepang, Thailand dan Korea Selatan.

“Sistem magang trus kami kembangkan, di tahun depan insha Allah kami upayakan ke Eropa. Kami sedang berusaha masuk ke Jerman, karena yang terkenal pola magangnya itu di Jerman,” paparnya.

Di samping itu, pihaknya juga menargetkan sejumlah mahasiswa asing di wilayah pecahan Uni Sovyet seperti Uzbekistan dan Kazakhstan belajar di UBP Karawang.

“Kami juga akan mengembangkan ke daerah pecahan Uni Sovyet. Mudah-mudahan 2023 kami sudah mendapat mahasiswa luar negeri di UBP,” seru Dedi.

Momentum Evaluasi Mutu Pendidikan

Ketua pembina Yayasan Buana Pangkal Perjuangan (YBPP) UBP Karawang, Letjen TNI (Purn) H Kiki Syahnakri  mengapresiasi kinerja civitas akademika UBP Karawang yang terus berkembang menjadi kampus kebanggan warga Karawang.

“Tentunya saya juga mengapresiasi atas kinerja seluruh segenap civitas akademika UBP Karawang,” ujarnya.

Ia mengajak seluruh civitas akademika untuk terus melakukan evaluasi guna meningkatkan mutu pendidikan agar dapat berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara.

“Mari jadikan Dies Natalis ini sebagai momentum mengevaluasi diri, sebagai warga negara, sebagai lembaga, sebagai pribadi, apa yang sudah kita kontribusikan kepada bangsa dan negara,” tuturnya. (kii)

Sumber : https://tvberita.co.id/news/regional/dies-natalis-ke-8-ubp-karawang-dari-beralaskan-karpet-hingga-terbang-ke-eropa/3/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.